Jum. Okt 18th, 2019

Noted n Learn

Berbagi Ilmu yang bermanfaat

Wajib Tau Penyebab Ban Mobil Pecah

3 min read

Sebagai pengemudi sebaiknya kita mengetahui kondisi kendaraan kita terutama BAN. Terutama para wanita, yang biasanya awam soal kondisi kendaraan dan perawatannya.

Baca juga: Pecah ban? Ini yang harus Anda perhatikan

1. Tekanan Ban Kurang

Ban mobil bisa pecah disebabkan oleh tekanan ban yang tidak sesuai. Sobat perlu tahu nih bahwa ban yang tekanannya berlebih dari standar yang di tentukan pabrik jauh lebih aman dibandingkan dengan ban yang tekanan anginnya kurang.

Ban yang kurang tekanan udaranya menyebabkan kawat penguat ban pada dinding ban menjadi mudah putus. Karena kawat putus menyebabkan ban tidak kuat menahan beban kendaraan dan penumpang. Maka ban bisa pecah, apalagi kalau melintas di tol dalam kecepatan tinggi dengan ban yang kurang angin jadi sangat berbahaya.

2. Menghajar Lobang Jalanan

Ban ternyata membantu suspensi sebagai peredam kejut. Saat ban menghajar lubang jalan maka kawat penguat ban bisa putus.

Bagian ban yang kawatnya putuh menyebabkan area tersebut menjadi lebih rawan. Biasanya area yang putus kawat penguatnya menyebabkan ban menjadi benjol.

Ban yang benjol lebih rentan mengalami pecah ban. So jika ban mobil anda pernah menghajar lobang di cek saja takutnya benjol. Kalau udah benjol mending di ganti.

3. Tambalan Ban Kurang Bagus

Buat yang menggunakan ban tubeless bukan berarti bebas dari ban bocor. Menambal ban tubeless bocor bisa menyebabkan kawat penguat ban putus. Hal teesebut berlaku untuk tambal ban tubeless tusuk.

Biasanya tambal tubeless dengan cara tusuk melubangi bagian yang bocor lebig besar lagi. Proses melubangi ban agar lubang bocor lebih besar inilah yang bisa menyumbang kerentanan dan bisa menjadi penyebab ban mobil pecah.

4. Kerikil Pada Tapak Ban

Penyebab ke empat yang membuat ban mobil pecah adalah kerikil yang terselip diantara patern ban. Mungkin kelihatan simpel dan tak berbahaya namun justru anda harus waspada terhadap kerikil yang nancep di sela-sela patern ban.

Apa lagi untuk ban dengan kompon lembut dan kembangan yang rapat. Kerikil yang nyelip dibagian kembangan ban bisa membuat kawat pelindung ban menjadi berkarat.

Dengan kawat ban yang berkarat oromatis kekuatan ban makin lemah dan dengan tenkanan yang tidak mampu di tahan ban, ban bisa pecah.

Itulah bro 4 penyebab ban mobil pecah. Yang patut diwaspadai adalah bagian no 4 karena kita biasanya menggap sepele. Sebaiknya jika ada kerikil yang nyelip di bagian patern ban segera lepas. Mencegah lebih baik dari memperbaiki.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keranjang

Bahasa »