Jum. Nov 15th, 2019

Noted n Learn

Berbagi Ilmu yang bermanfaat

Tips Menyelamatkan Diri dari Skimming

2 min read
5
(2)

Mengingat tindak kejahatan ini masih berpotensi terjadi di kemudian hari, maka jangan biarkan dirimu jadi korban skimming ATM ya. Lakukan cara-cara ini agar duit di rekeningmu gak hilang secara misterius.

1. Aktifkan fitur notifikasi transaksi via SMS

Fitur ini mungkin sudah jadul, tapi cukup efektif untuk mendeteksi seluruh transaksimu. Ketika ada notifikasi SMS berupa transaksi yang gak wajar, maka kamu bisa langsung melapor ke bank pada saat itu juga. Praktis bukan?

2. Jangan ambil duit di ATM yang sepi dan lemah pengawasan

Ketika ingin menarik uang tunai, jangan lakukan itu di ATM sepi. Usahakan di ATM tersebut ada petugas keamanannya. Pilihlah ATM yang terletak di mall, pusat perbelanjaan, maupun mini market.

3. Rutinlah memeriksa saldo lewat Internet banking

Cara ini tentunya sangat efektif buat kamu yang gak mau mengaktifkan fitur notifikasi transaksi via SMS. Mau gak mau ya pantau terus deh saldo tabunganmu secara rutin untuk mewaspadai adanya aksi skimming.

4. Ganti pin secara rutin

Mengingat para pelaku skimming juga berupaya mengetahui pin ATM-mu, maka gantilah pin secara berkala. Meskipun terlihat agak ngerepotin, tapi gak apa-apalah demi mengurangi risiko rekening dibobol.

Hati-hati, Skimming juga Bisa Menyerang Internet Banking

Apakah skimming bisa menyerang pengguna fasilitas Internet banking? Jawabannya adalah bisa.

Proses penyalinan data bisa dilakukan kapan saja dengan memanfaatkan jaringan WiFi publik lho. Makanya, jangan sampai kamu buka-buka Internet banking deh selain menggunakan WiFi rumah atau WiFi kantor.

Itulah hal-hal yang wajib kamu ketahui seputar kejahatan skimming ATM. Mengingat kejahatan ini bisa terjadi kapan saja, gak ada alasan lagi deh buat gak rutin cek mutasi dan ganti pin ATM.

Meski demikian, bila memang kamu menjadi korban dari tindakan ini, gak usah panik. Tenang saja, jangan buru-buru ganti bank.

Baca: Hati-hati Skimming ATM Bisa Menimpa Anda

Uang yang hilang karena aksi skimming di rekening bank masih bisa digantikan oleh bank yang bersangkutan. Asalkan uangnya memang benar-benar hilang karena skimming, bukan merupakan kelalaian nasabah lho ya.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Artikel Terkait

1 thought on “Tips Menyelamatkan Diri dari Skimming

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keranjang

Bahasa »