Jum. Okt 18th, 2019

Noted n Learn

Berbagi Ilmu yang bermanfaat

Hati-hati Skimming ATM Bisa Menimpa Anda

2 min read

Buat kamu yang belum tahu betapa bahayanya skimming ATM ini, mari kita bahas secara detil tentang kejahatan yang satu ini. Berikut ulasan lengkapnya.

Cara Kerja Skimming ATM

Skimming merupakan metode pencurian data informasi kartu debit maupun kredit, yang dilakukan lewat strip magnetik yang ada dalam kartu tersebut. Jelas sekali, untuk melakukan tindak kejahatan ini, para pelaku membutuhkan perangkat yang bernama skimmer. Perangkat-perangkat ini juga didatangkan dari luar negeri lho.

Baca: Tips Menyelamatkan Diri dari Skimming

Bentuk dari skimmer cukup beragam, dan umumnya ditaruh di tempat masuknya kartu ATM. Selain skimmer, ada juga kamera pengintai yang dipasang tersembunyi. Tujuannya adalah untuk memantau tombol angka yang diketik nasabah saat memasukkan pin.

Melalui skimmer, ATM korban dikloning ke ATM kosong. Nah, bermodal kartu baru itulah duit tabungan nasabah dikuras.

Ciri-Ciri ATM yang Dipasangi Skimmer

Sulit tentunya mengetahui ATM mana yang diduga dipasangi skimmer. Tapi, berhati-hatilah jika kamu menemukan ATM seperti ini:

1. Ada alat yang mengganjal di bagian kanopi (tudung) penutup keypad

Alat yang mengganjal tersebut bisa jadi merupakan spycamera yang akan merekam tanganmu memencet keypad saat memasukkan pin. Ada baiknya, raba dulu bagian bawah kanopi tersebut sebelum memasukkan kartu.

2. Bentuk mulut slot kartu agak berbeda

Untuk mencuri informasi dari kartu ATM nasabah, tentu saja skimmer harus dipasang di bagian mulut slot kartu. Bila kamu melihat bentuk mulut slot kartu yang gak pada umumnya, tinggalkan saja deh. Jangan menarik uang di sana.

3. ATM yang ada di wilayah terpencil atau tempat wisata

Pelaku skimming ATM BRI melancarkan aksinya di ATM-ATM yang terletak di wilayah terpencil. Dan selain itu, mereka juga mengincar ATM di tempat-tempat wisata lho.

sumber

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Artikel Terkait

1 thought on “Hati-hati Skimming ATM Bisa Menimpa Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keranjang

Bahasa »