Jum. Okt 18th, 2019

Noted n Learn

Berbagi Ilmu yang bermanfaat

Apakah Whatsapp saya telah terkena hack dan apa yang harus saya lakukan?

4 min read

Saatnya untuk memastikan WhatsApp diperbarui di iPhone, Android, atau perangkat Windows Anda

Pengguna didesak untuk segera memperbarui aplikasi ponsel pintar WhatsApp mereka karena bug keamanan yang memungkinkan peretas mengambil alih ponsel Anda hanya dengan meneleponnya, baik Anda menjawab atau tidak.

Apa yang telah terjadi?

Kerentanan dalam layanan perpesanan milik Facebook telah ditemukan yang memungkinkan peretas memasang spyware melalui panggilan suara WhatsApp yang terinfeksi.

Spyware ini mampu menjaring melalui panggilan, teks dan data lainnya, mengaktifkan kamera dan mikrofon ponsel dan melakukan kegiatan berbahaya lainnya.

theguardian.com

Ponsel mana yang terpengaruh?

Semua merek ponsel dengan WhatsApp atau WhatsApp Business terinstal terpengaruh, termasuk iPhone Apple (iOS), ponsel Android, Windows Phone dan perangkat Tizen, menurut Facebook. WhatsApp digunakan oleh 1,5 miliar orang secara global.

Any phone running either WhatsApp or the WhatsApp Business app can be affected. Photograph: Samuel Gibbs/The Guardian

Siapa di balik serangan itu?

Menurut Financial Times, perusahaan intelijen cyber Israel NSO Group mengembangkan spyware. Pengguna bahkan tidak harus menerima panggilan, dan seringkali disembunyikan dari log, kata surat kabar itu.

Apakah itu memengaruhi saya?
Jumlah orang yang dimata-matai belum diketahui. Beberapa target, termasuk pengacara HAM yang berpusat di Inggris dan seorang peneliti Amnesty International, telah diidentifikasi.

Jika Anda belum menerima panggilan suara WhatsApp atau panggilan terjatuh dari pihak yang tidak dikenal maka Anda mungkin belum ditargetkan. Tetapi jika Anda kebetulan seorang pengacara atau bekerja di industri sensitif dan menggunakan WhatsApp, bahkan untuk korespondensi pribadi, Anda harus sangat waspada.

Apa yang harus saya lakukan untuk melindungi diri?

Facebook menerapkan perubahan sisi server untuk membantu melindungi pengguna dan mendorong pembaruan untuk berbagai versi ponsel cerdas WhatsApp pada hari Senin.

Pengguna sangat disarankan untuk memeriksa pembaruan secara manual melalui Apple App Store pada iPhone, Google Play atau yang serupa pada perangkat Android, Microsoft Store pada Windows Phones dan Galaxy app store pada perangkat.

Jika gagal, menghapus WhatsApp dari ponsel Anda akan melindungi Anda dari serangan itu.

WhatsApp Android app version information. Photograph: Samuel Gibbs/The Guardian

Bagaimana saya tahu jika saya menggunakan versi terbaru?
WhatsApp mencantumkan versi terbaru aplikasi Android-nya di situsnya. Anda dapat menemukan nomor versi aplikasi yang terinstal di ponsel Android Anda dengan menekan lama pada ikon WhatsApp dan memilih Info aplikasi, atau menemukan daftar aplikasi dalam pengaturan ponsel Anda.

Namun, cukup menginstal semua pembaruan aplikasi yang relevan dari toko aplikasi bawaan ponsel Anda adalah cara terbaik untuk memastikan Anda menggunakan versi aplikasi yang ditandatangani dan diverifikasi terbaru.

Bagaimana dengan ponsel saya?
Menjaga aplikasi Anda selalu terbarui sangat penting untuk melindungi diri Anda dari peretasan dan pencurian data, tetapi sistem operasi ponsel Anda sama pentingnya.

Anda harus selalu menginstal versi terbaru iOS atau Android, dan harus berpikir dua kali sebelum menggunakan ponsel yang tidak lagi didukung dengan pembaruan perangkat lunak.

Sebagian besar iPhone menerima lebih dari lima tahun dukungan perangkat lunak. Perangkat Android bergantung pada pabrikan, dengan smartphone Pixel Google menjadi standar utama, menerima setidaknya tiga tahun pembaruan keamanan bulanan dan pembaruan versi Android.

Mengapa dukungan perangkat lunak begitu penting?
Kerentanan ditemukan setiap saat dan masing-masing ditambahkan ke gudang senjata seorang hacker, dan mereka sering digabungkan dengan cara-cara kreatif untuk mengambil alih perangkat dan mencuri data.

Sementara sebagian besar lubang keamanan diperbaiki oleh pembuat perangkat lunak, Anda hanya terlindungi jika Anda benar-benar menerima perbaikan perangkat lunak. Untuk sebagian besar pengguna tidak ada yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki masalah sendiri, yang berarti Anda sepenuhnya bergantung pada dukungan perangkat lunak yang Anda terima dari pengembang atau produsen perangkat Anda.

Semakin tua perangkat lunak Anda, semakin banyak kerentanan yang memengaruhinya dan semakin berisiko Anda dari penjahat dunia maya.

sumber

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keranjang

Bahasa »