Ming. Des 15th, 2019

Noted n Learn

Berbagi Ilmu yang bermanfaat

Manfaat dan Efek samping Daun Afrika

5 min read
5
(1)

Daun Afrika memang memiliki sejumlah khasiat yang dipercaya mampu mencegah dan mengobati berbagai macam penyakit, seperti diabetes, kanker, hingga serangan jantung. Akan tetapi, daun ini juga ternyata memiliki efek samping yang bisa saja berbahaya bagi tubuh, benarkah demikian? Berikut ini efek samping daun Afrika yang perlu Anda ketahui.

Efek Samping Daun Afrika bagi Kesehatan

Daun Afrika, sama seperti jenis obat herbal lainnya, tak lepas dari yang namanya efek samping jika dikonsumsi tidak sesuai aturan, atau oleh orang-orang tertentu. Apa sajakah efek samping daun Afrika yang perlu Anda waspadai? Ini dia beberapa di antaranya.

1. Menimbulkan Gatal-Gatal

Salah satu efek samping daun Afrika adalah menyebabkan gatal-gatal pada tubuh. Gatal-gatal seperti ini sama halnya ketika Anda mengonsumsi makanan laut maupun jenis makanan lainnya, dan cenderung tidak berbahaya. Paling-paling, aktivitas Anda jadi sedikit terganggu oleh rasa gatal yang terasa di sekujur tubuh.

Alergi gatal adalah bentuk reaksi sistem kekebalan tubuh terhadap benda asing yang masuk ke dalam tubuh. Alergi seperti gatal-gatal merupakan hal lazim dan tidak memiliki dampak negatif yang signifikan bagi kesehatan tubuh Anda.

2. Terjadi Pembengkakan

Mengonsumsi daun Afrika juga memungkinkan Anda untuk mengalami pembengkakan pada bagian tubuh tertentu, bisa jadi di kaki atau tangan, namun cenderung tidak terlalu besar.

Sama seperti gatal-gatal, pembengkakan yang terjadi sebagai efek samping daun Afrika ini juga tidak begitu berbahaya, hanya kehadirannya akan sedikit menganggu Anda dalam beraktivitas.

3. Mual-Mual

Daun Afrika memiliki rasa yang sangat pahit. Oleh sebab itu, Anda yang tidak tahan dengan rasa yang terlalu pahit, pasti akan merasakan efek samping daun Afrika berupa mual bahkan bisa muntah-muntah. Baiknya hindari mengonsumsi daun Afrika jika Anda tidak ingin merasakan efek samping tersebut.

4. Berkurangnya Kadar Gula Darah

Salah satu manfaat daun Afrika adalah untuk menurunkan kadar gula darah yang berlebih bagi para penderita diabetes. Namun ibarat pisau bermata dua, bahaya daun Afrika ini juga jelas, yakni apabila dikonsumsi melebihi dosis, justru membuat gula darah malah menjadi sangat sedikit dan berpotensi menimbulkan penyakit hipoglikemia. Maka dari itu, pastikan Anda tahu dosis ideal dalam mengonsumsi daun Afrika.

5. Tidak Baik Dikonsumsi Ibu Hamil

Meskipun belum ada pernyataan yang jelas terkait efek samping daun Afrika yang satu ini, namun daun tersebut oleh banyak pihak sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil atau wanita yang sedang menstruasi. Benarkah demikian? Lebih baik konsultasikan hal ini kepada dokter terkait sambil menunggu adanya bukti medis lebih lanjut.

Manfaat Daun Afrika Juga Tidak Boleh Disepelekan!

Di balik efek samping daun Afrika, harus kita akui bahwa daun ini punya segudang manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Meskipun, sifatnya cenderung ke arah sugesti oleh karena bukti medis yang bisa mendukung hal ini masih terbatas. Sejumlah manfaat daun Afrika yang dipercayai di antaranya:

1. Bisa Jadi Obat Penenang

Sebuah penelitian yang dirilis oleh Advanced Pharmaceutical Bulletin Vol. 4 mengungkapkan bahwasanya daun Afrika terbukti memimbulkan efek tenang bagi seseorang yang tengah mengalami luka, pun mengoleskan daun Afrika langsung di lukanya sendiri dinilai ampuh mempercepat proses pengeringan luka.

2. Mencegah Kanker

Manfaat daun Afrika juga berguna untuk mencegah pertumbuhan sel kanker. Hal ini karena daun Afrika memiliki kandungan senyawa kimia yang sifatnya antikanker. Contoh jenis daun Afrika yang berkhasiat mencegah terjadinya kanker antara lain:

  • Ocimum gratissimum
  • Vernovia amygdalina
  • Carica papaya

Selain daun Afrika, beberapa tanaman Afrika juga memiliki fungsi yang sama, yakni mencegah pertumbuhan sel kanker, terdiri atas:

  • Xylopia aethiopica
  • Kigelia Africana
  • Cannabis sativa

3. Mengobati Malaria

Daun Afrika sudah lama digunakan oleh masyarakat di benua Afrika sebagai ramuan tradisional untuk menyembuhkan malaria. Hal ini kemudian diperkuat oleh sejumlah penelitian. Benar saja, daun Afrika ternyata memiliki kandungan plasmodik yang memang sangat berguna untuk melawan malaria.

4. Pencernaan Jadi Lebih Lancar

Daun Afrika juga dipercaya ampuh untuk mengatasi sejumlah gangguan pencernaan seperti sembelit dan diare. Akan tetapi, hal ini belum memiliki bukti medis yang kuat sehingga tidak bisa sepenuhnya dipercaya.

5. Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Penyakit jantung juga menjadi salah satu penyakit kronis yang bisa dicegah dengan mengonsumsi obat herbal daun Afrika. Ini dikarenakan daun Afrika mengandung antioksidan dan antiseptik yang berguna untuk merawat pembuluh darah arteri.

6. Menurunkan Kadar Gula Darah di Dalam Tubuh

Kabar baik bagi Anda para penderita diabetes. Selain pengobatan medis, Anda pun bisa mencoba pengobatan herbal untuk mengatasi ganguan kesehatan yang satu ini. Ya, manfaat daun afrika untuk diabetes juga telah banyak dibuktikan.

Mitos atau fakta? Anda bisa membuktikannya sendiri. Namun ingat, konsultasikan hal ini terlebih dahulu kepada dokter Anda.

7. Mencegah Kanker Payudara

Jurnal Experimental Biology and Medicine menyebut bahwasanya daun Afrika bisa mencegah terjadinya kanker payudara, lho! Ini berkat kandungan antioksidan pada daun tersebut yang dapat menangkal perubahan sel DNA akibat oksidasi radikal bebas.

8. Mengobati Peradangan

Daun Afrika juga memiliki manfaat yang berkaitan dengan gangguan kesehatan berupa peradangan. Sebagaimana diketahui, peradangan disebabkan oleh pertumbuhan hormon prostaglandin dan sejumlah bahan lainnya. Ekstrak daun Afrika ditengarai mampu menghambat pertumbuhan hormon tersebut.

9. Baik untuk Kesuburan

Manfaat daun Afrika yang satu ini juga masih belum 100 persen benar adanya. Namun sejumlah kalangan memercayai jika daun Afrika juga bisa membantu meningkatkan kesuburan, baik pria maupun wanita.

Untuk pria, ekstrak daun Afrika dipercaya bisa memperbaiki kualitas sperma. Sedangkan untuk wanita, daun ini bermanfat untuk mencegah kista pada Rahim.

Itu dia informasi mengenai efek samping daun Afrika, berikut manfaat daun Afrika bagi kesehatan. Sekali lagi, informasi mengenai daun Afrika ini tetap memerlukan bukti medis lebih lanjut. Anda yang berencana ingin berobat menggunakan daun Afrika hendaknya juga mengkonsultasikannya terlebih dahulu kepada dokter agar terhindar dari efek samping daun Afrika ini. Semoga bermanfaat!

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Artikel Terkait

1 thought on “Manfaat dan Efek samping Daun Afrika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Keranjang

Bahasa »