Ming. Des 15th, 2019

Noted n Learn

Berbagi Ilmu yang bermanfaat

Tanaman Apotik Hidup yang Bermanfaat Bagi Kesehatan

3 min read

Ketika mendengar kata apotik, apa yang terlintas di pikiran Anda? Tentunya segala sesuatu yang berhubungan dengan obat bukan? Ya, sama seperti apotik secara umum, apotik hidup merupakan obat yang digunakan untuk mengobati berbagai penyakit, namun asalnya dari tumbuhan. 

Jadi, apotik hidup bisa diartikan sebagai taman atau kebun yang memiliki beragam jenis tanaman bermanfaat bagi kesehatan seperti kumis kucing, temulawak, lidah buaya, sirih dan daun dewa. Untuk memiliki apotik hidup, Anda bisa menanamnya di halaman sekitar rumah. 

Selain sangat bermanfaat bagi kesehatan, apotik hidup juga bisa menjadikan rumah sebagai pemandangan hijau yang indah. Bisa Anda bayangkan, ketika Anda memiliki apotik hidup di halaman rumah, pastinya jika tetangga atau keluarga sakit Anda tidak perlu bingung untuk berobat, karena Anda bisa mengobatinya sendiri di rumah.
  
Apa saja manfaat dari tanaman apotik hidup? Simak penjelasan berikut ini.

Kumis Kucing 

Selain dijadikan tanaman hias, tanaman apotik hidup yang memiliki bentuk menyerupai kumis kucing ini mampu mengobati berbagai macam penyakit seperti buang air besar, masuk angin, radang ginjal, kencing manis, bahkan menurunkan glukosa dalam darah. 

Temulawak 

Seperti yang sudah diketahui bersama, temulawak memiliki manfaat besar bagi kesehatan. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya obat herbal yang menggunakan temulawak untuk bahan utama pembuatannya. Berbagai penyakit yang bisa diobati dengan temulawak adalah sakit ginjal, pusing, sulit buang air besar, serta dapat menambah nafsu makan. 

Baca juga: Manfaat daun Afrika

Lidah Buaya 


Tidak hanya bermanfaat untuk kecantikan, lidah buaya juga bermanfaat untuk kesehatan. Ya, lidah buaya mampu menangani beragam masalah kesehatan seperti peradangan, meningkatkan kesehatan jantung, menjaga sistem kekebalan tubuh, serta bisa digunakan sebagai sumber nutrisi dan suplemen. 

Sirih 


Sirih menjadi salah satu tanaman apotik hidup yang perlu Anda tanam. Alasannya, sirih memiliki manfaat kesehatan yang sangat banyak karena kandungan senyawa di dalamnya yakni minyak terbang, kavikol, seskuterpen, zat tamak, dan pati yang mampu menghentikan pendarahan, mengobati batuk, mengobati masalah pencernaan, dan menyembuhkan luka luar. Tidak hanya itu, sirih juga memiliki sifat anti jamur dan anti oksidan yang bisa membantu tubuh menghilangkan kuman dan menetralkan racun di dalam tubuh. 

Daun Dewa 


Daun dewa nyatanya bisa dijadikan tanaman hidup meskipun jarang diketahui. Daun dewa memiliki manfaat untuk menghilangkan rasa nyeri, memperlancar peredaran darah, menurunkan tekanan darah tinggi, dan menghentikan pendarahan. Selain itu, manfaat tersembunyinya ialah daun dewa mampu mengatasi masalah diabetes melitus atau kencing manis. 

Tanaman apotik hidup sudah lama dijadikan sebagai obat tradisional yang dianggap mampu mengobati berbagai penyakit. Jika Anda ingin tanaman apotik hidup yang memiliki manfaat besar bagi kesehatan, disarankan pula untuk tidak menggunakan pupuk yang mengandung bahan kimia saat Anda menanamnya.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

No votes so far! Be the first to rate this post.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Keranjang

Bahasa »