Cara mencegah dan menghapus virus dan malware lainnya di Windows 7 Enterprise Windows 7 Home Basic Windows 7 Home Premium Windows 7 Professional Windows 7 Starter Windows 7 Ultimate

Cara mencegah dan menghapus virus dan malware lainnya di Windows 7 Enterprise Windows 7 Home Basic Windows 7 Home Premium Windows 7 Professional Windows 7 Starter Windows 7 Ultimate

Read Time:7 Minute, 28 Second

Apakah malware itu?

Malware adalah istilah yang digunakan untuk perangkat lunak berbahaya yang dirancang untuk merusak atau melakukan tindakan yang tidak diinginkan terhadap sistem komputer. Contoh perangkat lunak berbahaya meliputi:

  • Virus
  • Worm
  • Kuda troya
  • Spyware
  • Perangkat lunak keamanan berbahaya

Apakah virus komputer itu?

Virus komputer adalah sebuah program perangkat lunak kecil yang menyebar dari satu komputer ke komputer lain dan mengganggu pengoperasian komputer. Virus komputer dapat merusak atau menghapus data di sebuah komputer, menggunakan program email untuk menyebarkan virus ke komputer lain, atau bahkan menghapus apa pun yang ada di dalam hard disk.

Virus komputer sering disebarkan oleh lampiran dalam pesan email atau pesan instan. Oleh karena itu, Anda tidak boleh membuka lampiran email kecuali jika Anda mengetahui siapa yang mengirim pesan atau kecuali jika Anda memang mengharapkan lampiran email. Virus dapat menyamar sebagai lampiran gambar lucu, kartu ucapan, atau file audio dan video. Virus komputer juga menyebar melalui unduhan di Internet. Virus dapat bersembunyi di dalam perangkat lunak bajakan atau di file lainnya yang Anda unduh.

Apakah worm itu?

Worm merupakan kode komputer yang menyebar tanpa interaksi pengguna. Sebagian besar worm dimulai sebagai lampiran email yang menginfeksi komputer ketika dibuka. Worm akan memindai komputer yang terinfeksi untuk mencari file, contohnya buku alamat atau halaman web sementara yang berisi alamat email. Worm menggunakan alamat email tersebut untuk mengirim email yang terinfeksi, dan sering meniru (atau mengalihkan) Alamat “Dari” dalam pesan email sehingga pesan yang terinfeksi tersebut nampak seolah dari seseorang yang Anda kenal. Kemudian worm akan menyebar secara otomatis melalui pesan email, jaringan, atau kerentanan sistem operasi, dan seringnya memenuhi sistem-sistem tersebut sebelum penyebabnya diketahui. Worm tidak selalu merusak komputer, tetapi biasanya menyebabkan masalah komputer dan kinerja jaringan serta stabilitas.

Apakah kuda troya itu?

Kuda troya merupakan program perangkat lunak berbahaya yang bersembunyi di dalam program lain. Program ini memasuki komputer dengan bersembunyi di dalam program yang sah, seperti screen saver. Kemudian dia akan menaruh kode ke dalam sistem operasi yang memungkinkan hacker untuk mengakses komputer yang terinfeksi. Kuda troya biasanya tidak menyebar sendiri. Mereka disebar oleh virus, worm, atau perangkat lunak yang diunduh.

Apakah spyware itu?

Spyware dapat diinstal pada komputer tanpa sepengetahuan Anda. Program ini dapat mengubah konfigurasi komputer Anda atau mengumpulkan data iklan dan informasi pribadi. Spyware bisa melacak kebiasaan pencarian internet dan juga dapat mengarahkan browser web Anda ke situs-situs yang berbeda dari yang Anda ingin kunjungi.

Cara menghapus malware seperti virus, spyware, atau perangkat lunak keamanan yang nakal

Menghapus virus komputer atau spyware akan sulit tanpa bantuan alat penghapusan perangkat lunak berbahaya. Beberapa virus komputer dan perangkat lunak yang tidak diinginkan lainnya dapat menginstal ulang diri setelah virus dan spyware dideteksi dan dihapus. Untungnya, dengan memperbarui komputer dan menggunakan alat menghapus perangkat lunak berbahaya, Anda bisa menghapus perangkat lunak yang tidak diinginkan selamanya.

Untuk informasi selengkapnya tentang cara menghapus virus komputer dan spyware, lihat artikel berikut ini di Pangkalan Pengetahuan Microsoft: 2671662 – Sumber daya dan panduan Microsoft untuk menghapus malware dan virus

1. Instal pembaruan terbaru dari Microsoft Update

Catatan Virus komputer mungkin mencegah Anda mengakses situs web Pembaruan Microsoft untuk menginstal pembaruan terbaru. Kami sarankan Anda menetapkan layanan Pembaruan Otomatis supaya berjalan secara otomatis sehingga komputer tidak akan kehilangan pembaruan yang penting.

Untuk informasi selengkapnya, lihat Windows Update: Tanya Jawab Umum

Windows 7

  1. Klik Mulai, kemudian ketik Windows Update di kotak pencarian.
  2. Di area hasil, klik Windows Update.
  3. Klik Periksa Pembaruan.
  4. Ikuti petunjuk untuk mengunduh dan menginstal pembaruan Windows terbaru.

2. Gunakan Pemindai Keamanan Microsoft gratis

Microsoft menawarkan alat online gratis yang memindai dan membantu menghapus potensi ancaman dari komputer Anda. Untuk memindai, kunjungi situs web Microsoft Safety Scanner.

3. Gunakan Alat Penghapusan Perangkat Lunak Berbahaya Windows

Untuk informasi selengkapnya tentang Alat Penghapusan Perangkat Lunak Berbahaya Microsoft, lihat artikel berikut di Pengkalan Pengetahuan Microsoft:

890830 – Hapus malware prevalen tertentu dengan Alat Penghapus Perangkat Lunak Berbahaya Windows

4. Hapus perangkat lunak keamanan nakal secara manual

Jika perangkat lunak keamanan nakal tidak dapat dideteksi atau dihapus dengan menggunakan Pemindai Keamanan Microsoft atau Alat Penghapus Perangkat Lunak Berbahaya Windows, cobalah langkah-langkah berikut:

  1. Catat nama perangkat lunak keamanan berbahaya. Untuk contoh ini, kami akan menyebutnya Agen Keamanan XP 2020.
  2. Restart komputer.
  3. Saat melihat logo produsen komputer, tekan tombol F8 berulang kali.
  4. Apabila diminta, gunakan tombol panah untuk memilih Safe Mode with Networking (Mode Aman dengan Jaringan), lalu tekan Enter.
     Tips: Mode Aman memulai Windows hanya dengan jumlah minimum driver dan layanan yang diperlukan untuk operasi. Ini sering mencegah malware atau perangkat lunak perilaku lain memuat dan membuatnya lebih mudah untuk membersihkannya.
  5. Klik tombol Mulai dan periksa apakah perangkat lunak keamanan nakal muncul di menu Mulai. Apabila tidak terdaftar, klik Semua Program dan gulir untuk menemukan nama perangkat lunak berbahaya tersebut.
  6. Klik kanan nama program perangkat lunak berbahaya tersebut, kemudian klik Properti.
  7. Klik tab Pintasan .
  8. Dalam kotak dialog Properti , centang jalur program perangkat lunak keamanan nakal yang tercantum di Target. Misalnya, C:\Program Files\XP Security Agent 2020.Catatan: Nama folder sering berupa angka acak atau string karakter.
  9. Klik Buka Lokasi File.
  10. Di jendela File Program, klik File Program di bilah alamat.
  11. Gulir sampai Anda menemukan folder perangkat lunak keamanan berbahaya. Misalnya, Agen Keamanan XP 2020.
  12. Klik kanan folder, kemudian klik Hapus.
  13. Restart komputer.
  14. Masuki situs web Microsoft Safety Scanner.
  15. Klik tombol Unduh Sekarang , lalu klik Jalankan.
  16. Ikuti petunjuk untuk memindai komputer dan membantu menghapus perangkat lunak keamanan berbahaya.

Jika Anda menduga bahwa komputer Anda terinfeksi dengan perangkat lunak keamanan nakal yang tidak terdeteksi dengan menggunakan solusi keamanan Microsoft, Anda dapat mengirimkan sampel dengan menggunakan formulir pengiriman Pusat Proteksi Malware Microsoft.

5. Jalankan Pertahanan Microsoft Offline

Pertahanan Microsoft Offline adalah alat anti-malware yang membantu menghilangkan virus yang sulit dihilangkan sebelum Windows dimulai. Dimulai dengan Windows 10, Pertahanan Microsoft Offline disertakan. Untuk menggunakannya, ikuti langkah-langkah dalam artikel ini: Bantu lindungi PC saya dengan Pertahanan Microsoft Offline.

Windows 7 atau Windows 8

  1. Di komputer yang tidak terinfeksi, buka Membantu melindungi PC saya dengan Pertahanan Microsoft Offline.
  2. Klik Unduh versi 32 bit atau Unduh versi 64 bit, tergantung pada sistem operasi mana yang Anda jalankan. Jika Anda tidak yakin sistem operasi mana yang Anda jalankan, lihat Apakah PC saya menjalankan Windows versi 32-bit atau 64-bit.
  3. Ketika ditanya, klik Simpan Sebagai, lalu simpan file ke dalam DVD, CD, atau kandar flash USB.
  4. Pada komputer yang terinfeksi, masukkan DVD, CD atau flash drive USB, kemudian restart komputer.
  5. Ketika ditanya, tekan tombol apa pun untuk memilih opsi untuk memulai komputer, contohnya F12, F5, atau F8, tergantung jenis komputer mana yang digunakan.
  6. Gunakan tombol panah untuk menggulir ke drive tempat Anda menginstal file Pertahanan Microsoft Offline. Pertahanan Microsoft Offline dimulai dan segera memindai malware.

Mengapa kami sering harus menghindarkan ulang komputer Anda untuk menghapus malware? 

Setelah malware berjalan di memori komputer Anda, akan lebih sulit untuk dihapus. Malware sering dibuat dengan apa yang kami sebut sebagai “kegigihan” yang berarti bahwa jika dijalankan dan melihat bahwa filenya telah dihapus atau dikarantina oleh perangkat lunak keamanan, malware akan mencoba menulis ulang file ke drive Anda.

Memulai ulang memberi kami kesempatan untuk memuat Windows tanpa memuat malware, sehingga kami dapat membersihkan file dari drive tanpa malware dalam memori yang mencoba menginstal ulang dirinya sendiri.

Cara melindungi komputer dari perangkat lunak berbahaya

Ada tindakan yang dapat dilakukan untuk membantu melindungi komputer dari perangkat lunak berbahaya.

Menghidupkan firewall

Konfirmasi bahwa firewall Windows telah diaktifkan. Lihat Mengaktifkan atau menonaktifkan Firewall Pertahanan Microsoft untuk instruksi tentang cara melakukannya di windows versi modern.

Windows 7

  1. Klik tombol Mulai, lalu klik Panel Kontrol.
  2. Dalam kotak Pencarian , ketik firewall, lalu klik Windows Firewall.
  3. Di panel kiri, klik Aktifkan atau nonaktifkan Windows Firewall (Anda mungkin diminta untuk memasukkan kata sandi administrator Anda).
  4. Di bawah setiap lokasi jaringan, klik Aktifkan Windows Firewall, lalu klik OK.

Pastikan komputer Anda selalu terbarukan

Untuk informasi selengkapnya tentang cara mengatur Updates otomatis di Windows, lihat Windows Update: Tanya Jawab Umum

Jangan ditipu untuk mengunduh malware

Berikut beberapa kiat yang dapat membantu melindungi Anda dari mengunduh perangkat lunak yang tidak diinginkan:

  • Hanya unduh program dari situs yang Anda percayai. Jika Anda tidak yakin apakah akan mempercayai program yang ingin Anda unduh, masukkan nama program ke mesin pencarian favorit Anda untuk melihat apakah orang lain telah melaporkan bahwa program tersebut berisi spyware.
  • Bacalah semua peringatan keamanan, perjanjian lisensi, dan pernyataan privasi yang terkait dengan perangkat lunak yang diunduh.
  • Jangan pernah mengeklik “Setuju” atau “OK” untuk menutup jendela yang Anda duga sebagai spyware. Sebaliknya, klik tanda “x” merah di sudut atas jendela atau tekan Alt + F4 pada keyboard untuk menutup jendela.
  • Waspadalah terhadap dan program berbagi-file film dan musik populer “gratis”, dan pastikan bahwa Anda memahami semua perangkat lunak yang dikemas dengan program-program tersebut.
  • Gunakan akun pengguna standar, dan bukan akun administrator. Akun administrator dapat mengakses apa pun di sistem, dan semua malware yang dijalankan dengan akun administrator dapat menggunakan izin administrator untuk berpotensi menginfeksi atau merusak file apa pun pada sistem.

Untuk informasi selengkapnya tentang cara melindungi komputer dari virus, lihat Melindungi PC saya dari virus.

Happy
Happy
100 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *