Apa itu SEO (Search Engine Optimization)?

()
Read Time:2 Minute, 29 Second

SEO (Search Engine Optimization) adalah teknik optimasi yang diterapkan pada sebuah website untuk mendatangkan traffic dari mesin pencari – khususnya Google. Semakin baik performa SEO website dan konten Anda, semakin tinggi pula posisinya di halaman mesin pencarian atau SERP (Search Engine Results Pages).

Setiap kali seseorang mengetikkan kata kunci di mesin pencarian, algoritma mesin tersebut akan mencarikan konten yang terbaik menurut mereka dan disajikan dalam bentuk peringkat. Untuk dapat dinilai baik, beberapa faktor utama yang harus diperhatikan adalah kecepatan website, struktur konten pada website, dan kuantitas  serta kualitas tautan (backlink) dari website lain.

SEO dan Search Intent

SEO memang erat kaitannya dengan kata kunci yang diketikkan pada mesin pencari (query). Namun, tidak semua query ini memiliki tujuan yang sama. Beberapa search intent yang kita perlu tau adalah:

1. Informational

Orang dengan search intent ini bertujuan untuk mencari informasi atas sesuatu. Kata kunci yang biasanya diketikkan adalah:

  • Indonesia
  • Apa itu asimilasi
  • Cara memasak rendang sapi
  • Mengapa bumi itu bulat

2. Navigational

Tujuan utama dari search intent ini adalah untuk menuju ke website tertentu yang sudah diketahui. Pencari lebih memilih memasukkan kata kunci di Google dibanding mengetik langsung di address bar, baik karena tidak tau/lupa atau alasan kepraktisan. Contohnya:

  • Facebook login
  • Gmail signup
  • Tokopedia
  • Beli domain Niagahoster

3. Transactional

Search intent ini mengindikasikan niat untuk membeli sesuatu. Pencari biasanya mengetikkan ini untuk mencari rekomendasi atas barang yang ingin mereka beli. Beberapa contoh yang umum adalah:

  • Beli hosting Indonesia
  • Toko jual Samsung Galaxy S10
  • Jasa fotografi murah Jakarta

4. Commercial

Bisa dibilang, search intent ini adalah satu tingkat di bawah tipe transactional. Pencari belum memiliki keinginan membeli, namun masih mencari referensi dan perbandingan terkait produk yang menjadi perhatian. Misalnya:

  • HP 2 jutaan terbaik
  • Shopify vs. WooCommerce
  • Ulasan IPhone 11
  • Restoran terbaik di Malang

Jenis-jenis SEO

Sebelumnya, perlu dipahami bahwa SEO tidak sama dengan SEM (Search Engine Marketing). SEM merujuk ke strategi untuk mendapat traffic dan sales melalui mesin pencari, baik secara organik (SEO) atau berbayar (iklan). Bisa dibilang, SEO adalah bagian dari SEM.  Untuk SEO sendiri, terdapat tiga jenis umum, yaitu.

1. On-page SEO

Teknik SEO ini menitikberatkan pada kualitas konten pada website Anda. Hal ini termasuk penggunaan kata kunci tertarget dan merata, aset visual yang teroptimasi, dan struktur tulisan yang SEO-friendly. Utamanya, pada bagian ini Anda juga akan menentukan jenis search intent mana yang perlu Anda targetkan. 

2. Off-page SEO

Berbeda dengan on-page SEO yang semua optimasinya dilakukan di website Anda, teknik off-page SEO menitikberatkan pada backlink, alias berapa banyak website lain yang mencantumkan konten Anda pada konten mereka. Semakin baik performa website tersebut, semakin baik pula kualitas backlink yang Anda terima.

3. Technical SEO

Technical SEO merujuk pada optimasi yang juga dilakukan di website Anda, namun lebih untuk performa website secara umum, bukan performa konten seperti pada on-page – karena sedikit kesamaan di atas, teknik ini kadang dimasukkan ke kategori on-page. Hal ini termasuk kecepatan website, mobile-friendly design, dan struktur permalink. 

Sumber Niagahoster

2 0

About Post Author

Wong Ndeso

Travel, Ride, Ngoprek apa aja yang bisa di oprek
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
100 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bahasa »