Ming. Jan 26th, 2020

Noted n Learn

Berbagi Ilmu yang bermanfaat

Perbedaan Antara SEO dan SEM

2 min read
5
(1)

SEO (Search Engine Optimization) merupakan suatu teknik yang digunakan untuk menempatkan website pada posisi SERP (search engine result page) yang strategis sesuai dengan keyword yang ditargetkan. Tujuan dari SEO sendiri adalah untuk mendatangkan traffik yang banyak menuju blog melalui posisi yang bagus di search engine. Salah satu indikator utama keberhasilan SEO adalah semakin tingginya posisi blog dengan keyword tertentu di search engine.

Secara umum terdapat 2 jenis SEO, white SEO dan blackhat SEO. Perbedaannya? White SEO dilakukan dengan teknik-teknik yang memang diperbolehkan oleh google sehingga blog pun bisa bertahan lama pada posisi teratas. Intinya white SEO itu dilakukan dengan cara-cara yang jujur. Sedangkan blackhat SEO dilakukan dengan cara-cara yang terlarang yang melanggar TOS google. Menggunakan blackhat SEO hanya akan memperbesarkan kemungkinan blog akan di suspend oleh google. Pada artikel ini tidak akan di bahas teknik-teknik yang terdapat pada SEO. Jika anda ingin mengetahuinya, saya sarankan untuk membaca Bagaimana Menjadi Ranking Pertama di Search Engine.

Sedangkan SEM (Search Engine Marketing) sebenarnya hampir sama dengan SEO, SEM juga bertujuan menampilkan website pada halaman pertama google namun dengan cara yang berbeda dengan SEO. Bila SEO gratis, namun SEM berbayar. Salah satu media untuk melakukan SEM adalah google adwords. Dengan menggunakan google adwords, website anda akan berada pada halaman pertama google.

Namun meskipun demikian, pengguna SEM biasanya lebih identik dengan penawaran produk. Sangat-sangat jarang pengguna SEM yang mengiklankan konten (hanya tulisan). Biasanya mereka yang beriklan di search engine adalah toko-toko online yang memiliki produk untuk di jual. Tidak seperti SEO yang lebih umum dengan keduanya (jualan dan konten).

Lebih baik mana SEO atau SEM?

Tidak ada yang pure baik dan tidak ada pula yang pure jelek. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihan dari SEO adalah optimasi yang dilakukan bersifat gratis, kecuali kalo anda memakai jasa SEO. Namun anda memiliki ribuan saingan untuk mencapai halaman pertama google. Sedangkan SEM memiliki garansi untuk berada pada halaman pertama google, namun anda harus mengeluarkan uang untuk itu. Berarti memakai SEM sangat mudah dong? Hmmm tidak juga. Ada banyak perusahaan dengan budget besar yang beriklan di google adwords. Kekuatan uang juga menentukan disini. Semakin besar uang yang berani anda keluarkan, semakin besar peluang anda tampil untuk keyword yang sama.

Cara terbaik adalah dengan melakukan optimasi pada keduanya. Dengan SEO anda bisa mendapatkan calon pelanggan secara gratis dan SEM dapat menggaransi produk anda berada pada halaman pertama search engine.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bahasa »