Cara Mengurangi Risiko Serangan Cyber

Cara Mengurangi Risiko Serangan Cyber

Read Time:1 Minute, 30 Second

Degan meningkatnya frekwensi ancaman dari peretas (Hacker), menerapkan langkah-langkah keamanan data merupakan tindakan yang tepat sebagai langkah antisipasi.

1. Mengurangi Data Transfers

Mentransfer data antara perangkat bisnis dan pribadi seringkali tidak terhindarkan sebagai akibat dari meningkatnya jumlah karyawan yang bekerja dari jarak jauh. Menyimpan data sensitif di perangkat pribadi secara signifikan meningkatkan kerentanan terhadap serangan dunia maya.

2. Berhati-hati ketika men-Download

Mengunduh file dari sumber yang tidak diverifikasi dapat membuat sistem dan perangkat Anda berisiko terhadap keamanan. Penting untuk hanya mengunduh file dari sumber terpercaya dan hindari unduhan yang tidak perlu untuk menurunkan kerentanan perangkat Anda dari masuknya malware.

3. Keamanan Password

Kekuatan kata sandi adalah garis pertahanan pertama melawan berbagai serangan. Menggunakan rangkaian simbol yang tidak memiliki arti, perubahan kata sandi secara teratur dan tidak pernah menuliskannya atau membagikannya adalah langkah penting untuk melindungi data sensitif Anda.

4. Update Device Software

Developer Software bekerja keras untuk terus membuat software mereka lebih aman, dan menginstal pembaruan terbaru secara rutin akan membuat perangkat Anda tidak terlalu rentan terhadap serangan.

5. Pantau Kebocoran Data

Memantau data Anda secara teratur dan mengidentifikasi kebocoran yang ada akan membantu mengurangi potensi dampak dari kebocoran data jangka panjang. Pasang tools pemantauan pelanggaran data secara real time memantau dan memperingatkan Anda tentang aktivitas yang mencurigakan.

6. Rencanakan jika terjadi Pelanggaran

Pelanggaran data dapat terjadi bahkan pada perusahaan yang paling berhati-hati dan disiplin. Menetapkan rencana formal untuk mengelola potensi insiden pelanggaran data, rencana respons serangan dunia maya (cyber attack), dan rencana pemulihan akan membantu organisasi dengan berbagai ukuran menghadapi serangan aktual dan menahan potensi kerusakannya.

Jelas bahwa bisnis selalu berada di bawah ancaman kejahatan dunia maya dan harus mengambil langkah-langkah untuk mempertahankan data mereka. Jangan tunggu sampai terlambat, ambil langkah hari ini untuk mencegah pelanggaran data di masa mendatang dan konsekuensi yang mengikutinya.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *